11 Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Android

11 Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Android




11 Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Android  - Baterai cepat habis merupakan masalah yang sering kita dengar dari pemilik android.  Kebanyakan pengguna android sudah senang jika perangkat androidnya dapat bertahan seharian, berharap mengecharge pada malam hari sudah mencukupi. Namun sayangnya tidak terjadi demikian.

Banyak faktor yang mempengaruhi mengapa baterai android cepat habis, seperti: besarnya layar android, prosesor yang cepat, banyaknya aplikasi yang bekerja, penggunaan aplikasi yang boros baterai, penggunaan jaringan 3G, faktor-faktor tersebut mempengaruhi cepatnya baterai habis.

Di artikel ini admin ingin membahas tentang cara meningkatkan daya tahan baterai android. Dengan mengikuti cara-cara ini, anda tak perlu lagi mengandalkan powerbank ketika baterai android habis.

1. Kurangi brightness dan matikan fitur Auto brightness.
Fitur Auto brightness dapat membantu anda menyesuaikan brightness terhadap lingkungan secara otomatis, namun kadang pengaturan brightness terlalu terang. Hal ini tidak menggangu namun dapat membuat baterai cepat habis. Matikan fitur auto brightness dan atur secara manual brightness pada level rendah namun cukup membuat konten terlihat, agar baterai bertahan lebih lama.

2. Gunakan power saving mode.
Power saving mode merupakan fitur yang mengatur penggunaan CPU dan screen pada android. Mode ini dapat mengurangi performance android anda namun baterai dapat bertahan lebih lama.

3. Menggunakan wallpaper hitam
Jika android anda menggunakan AMOLED screen, wallpaper hitam dapat meningkatkan daya tahan baterai. Layar AMOLED hanya menerangi pixel yang memiliki warna saja, sedangkan pixel hitam tidak disinari. Semakin banyak pixel hitam di layar anda, semakin banyak bagian yang tidak perlu disinari, sehingga baterai bertahan lebih lama.

4. Update aplikasi anda.
Salah satu alasan developer mengupdate aplikasinya adalah optimisasi penggunaan memori dan baterai. Dengan mengupdate aplikasi-aplikasi yang anda miliki berarti penggunaan baterai lebih optimal.

5. Gunakan wallpaper statis.
Live wallpaper memang terlihat menarik, namun dapat mengurangi performa dan baterai android. Gunakan wallpaper yang tidak bergerak untuk meningkatkan performa dan daya tahan baterai android.

6. Batasi penggunaan widget
Penggunaan widget dapat mempercantik tampilan android anda, namun kebanyakan widget dapat menguras baterai. Jika anda memiliki widget yang berat, sebaiknya tidak menggunakan widget tersebut agar android menjadi lebih cepat dan hemat baterai.

7. Gunakan aplikasi Doze
Doze merupakan aplikasi gratis android yang dapat membantu anda menghemat baterai android. Ketika layar android terkunci, aplikasi Doze akan mencegah transfer data pada aplikasi android tanpa mematikan jaringan 2G/3G/4G. Jika anda ingin mengizinkan transfer data pada aplikasi tertentu, anda dapat memasukkannya pada daftar aktif, sehingga aplikasi dapat berjalan normal.

Download aplikasi ini secara gratis disini.

8. Gunakan screen timeout yang lebih singkat.
Semakin lama layar android anda hidup, semakin cepat baterai anda terkuras. Atur screen timeout anda sekecil mungkin agar layar cepat mati ketika didiamkan. Namun jangan terlalu kecil yang membuat anda terganggu.

9. Matikan koneksi yang tidak diperlukan.
Fungsi koneksi Bluetooth, Wi-fi, NFC, dan GPS banyak menguras baterai android. Aktifkan koneksi tersebut hanya jika diperlukan.

10. Batasi aplikasi yang berjalan
Aplikasi apapun yang berjalan di background membutuhkan power, yang artinya mengambil listrik dari baterai. Kadang kita menutup aplikasi namun tidak tertutup secara sempurna. Aplikasi masih berjalan di background. Bagaimana cara menutupnya? Anda dapat menggunakan aplikasi task killer, namun jika anda sering membuka suatu aplikasi, task killer hanya akan menguras baterai karena task killer sering aktif menutup aplikasi tersebut. Untuk menutupnya anda dapat melakukan hal berikut.

Jika android anda merek samsung (admin mengetes menggunakan Galaxy S3 mini, kemungkinan galaxy terbaru caranya berbeda) tekan dan tahan tombol home. Nantinya muncul daftar aplikasi.


Di bawah terlihat tombol grafik lingkaran. Pilih tombol grafik lingkaran, kemudian pilih tab active application yang terletak diatas. Akan muncul daftar aplikasi yang aktif. 




Untuk menutup semua aplikasi anda dapat menekan tombol "End all". Nantinya muncul peringatan apakah anda ingin melanjutkan karena dapat terjadi error, namun tak perlu khawatir karena kemungkinan error sangat tipis.

11. Atur akun anda
Jika anda menggunakan fitur sync email, anda dapat menghemat baterai dengan mengatur frekuensi update email menjadi lebih kecil. Semakin jarang frekuensi update email, semakin jarang transfer data, sehingga dapat menghemat baterai. Untuk mengatur jadwal update email pilih Setting >> tab Account >> Email >> Setting >> 'nama email anda'>> Sync Schedule.





Peak schedule artinya jadwal kerja sedangkan off-peak schedule adalah jadwal tidak kerja. Anda dapat mengatur hari dan jam saat peak dan off-peak sesuai dengan yang anda inginkan.



Di peak schedule/ off-peak schedule terdapat pilihan “Push”. Push artinya email akan di update segera setelah email masuk ke server email anda. Dengan mengaturnya menjadi interval tertentu (15 min/1jam/4jam/12jam), anda dapat menghemat baterai anda karena proses update terjadi hanya pada  interval tersebut.

Anda dapat mengatur akun lainnya seperti google, evernote, dan dropbox di Setting >> tab Account. Coba utak atik perngaturan untuk mengubah jadwal sync nya.

Sekian artikel cara meningkatkan baterai android. Semoga tips ini membantu anda meningkatkan baterai android. Jika artikel ini membantu silahkan dilike dan dishare. Terima kasih sudah berkunjung :).



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top