Cara Root Samsung Galaxy Alpha SM-G850F

Cara Root Samsung Galaxy Alpha SM-G850F


Cara Root Samsung Galaxy Alpha - Samsung telah resmi mengeluarkan ponsel terbaru nya yaitu Samsung Galaxy Alpha SM-G850F , Produsen asal Seoul Korea Selatan ini mulai memperketat persaingan ponsel pintar dengan vendor ternama lain nya, pada tahun 2015 Samsung mengeluarkan lebih dari sepuluh product dengan spesifikasi yang cukup memuaskan dan dengan itu samsung memang benar benar ingin menguasai pasar dunia dibidang Telepon genggam. nah untuk lebih memuaskan pemakai Samsung Galaxy Alpha SM-G850F saya akan beri tutorial untuk Cara Root Samsung Galaxy Alpha SM-G850F . penasaran ,? mendingan baca dulu deh yang dibawah ini hehe cekidot..



Pengertian Root

Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux. Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. Nge-root artinya nge-hack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna hape) punya akses ke account root tersebut,jadi kitalah yang punya kekuasaan.

Fungsi Root Android

Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.


Pemasangan Akses Penuh Root Untuk Samsung Galaxy Alpha SM-G850F memang memiliki sisi baik nya untuk ponsel, Namun dibalik sisi baik itu Root pada Galaxy Alpha SM-G850F memiliki kelemahan yang sangat Fatal untuk Si Alpha , antara lain

1. Dapat menghilangkan garansi handphone
kenapa rooting android dapat menghilangkan garansi? Root itu diibaratkan seperti “segel garansi”. Analoginya seperti ini, apabila anda membeli komputer buatan pabrik (bukan komputer rakitan), biasanya akan dilengkapi dengan segel atau stiker garansi. Segel ini biasanya akan rusak bila kita membuka casing computer.
Jika hp anda mengalami kerusakan, misalnya speaker tidak berbunyi dan anda membawa ke service center dengan kondisi ter-root, maka ada kemungkinan klaim garansi akan ditolak dan dikatakan bahwa ponsel rusak akibat proses root, padahal sebenarnya tidak.
Proses root dapat dibalikkan atau ponsel dikembalikan ke kondisi awal. Proses ini dinamakan unroot. Namun jika proses unroot dilakukan, bukan berarti jaminan garansi akan kembali berlaku. Umumnya pada handphone keluaran samsung terdapat sebuah mekanisme untuk melacak adanya modifikasi yang dilakukan oleh user, dikenal dengan istilah binary counter atau KNOX counter. Pada dasarnya binary counter memiliki suatu nilai yang akan berubah ketika user memodifikasi sistem seperti contohnya rooting. Dengan kondisi seperti ini, bisa atau tidaknya klaim garansi tergantung kebijakan di Service Center masing masing tempat.

Catatan: Bila ingin membawa hp ke service center, selain dilakukan unroot, sebaiknya lakukan juga factory reset (menghilangkan semua data dan aplikasi yang terinstall)


2. Masalah keamanan
sebenarnya untuk yang satu ini masih menjadi perdebatan. Dikatakan bahwa dengan melakukan root, maka aplikasi-aplikasi malware seperti virus atau trojan dapat dengan mudahnya masuk ke file sistem dan melakukan pengrusakan atau melakukan pencurian data-data pengguna.
Namun demikian, sebenarnya walaupun hp tidak di root, apabila pembuat virus memang “berniat jahat”, maka tanpa root pun, aplikasi virus dapat dengan mudah mengakses sistem file.


Jika agan sudah sudah memang memiliki niatan yang sudah bulat untuk memasangkan Akses Root pada Samsung Galaxy Alpha SM-G850F agan saya bisa membantu nya ..
Dibawah ini ada Tutorial untuk memasangkan Akses Root untuk Samsung Galaxy Alpha SM-G850F agan ,
Simak terus postingan nya berikut ini ,


Sebelum melakukan tutorial yang akan kita terapkan di Samsung Galaxy Alpha SM-G850F agan , agan agan harus download dulu nih bahan bahan untuk Root si A . diantaranya..

Odin3_v3.07.rar                                                   Disini!!
Samsung Kies                                                      Disini!!
CF-Auto-Root-slte-sltexx-smg850f.zip               Disini!!

#NOTE 
TUTORIAL INI HANYA WORK DENGAN Samsung Galaxy Alpha Serie SM-G850F

Nah jika agan sudah download semua bahan nya , kita langsung aja nih praktekin dengan mengikuti tutorial yang akan saya kasih dibawah ini , jangan lupa baca bismillah ya gan ,..

- Installkan Samsung Kies sampai selesai

- ekstract CF-Auto-Root-slte-sltexx-smg850f.zip untuk menghasilkan file
CF-Auto-Root-slte-sltexx-smg850f.tar.md5

- Ekstract Odin dan jalankan software Odin3 v3.07.exe

- Click Pada tombol PDA , lalu Pilih File CF-Auto-Root-slte-sltexx-smg850f.tar.md5  dari hasil ekstractan CF-Auto-Root-slte-sltexx-smg850f.zip tadi.


- Masukan Ponsel pada posisi Download Mod
*Cara nya Matikan Samsung Galaxy Alpha nya jika sudah mati Tekan Tombol HOME + VOL MIN + POWER Secara bersamaan,



Jika Muncul Tulisan berwarna kuning tinggal tekan tombol Volume up aja sampai muncul gambar android dengan segitiga dan ada tulisan downloading...



- Jika sudah pada posisi downloading langsung aja hubungkan ke komputer nanti aplikasi odin akan mendetect ada device yang masuk pada komputer dengan posisi download mode .. Ciri nya ada kata Added! pada message box aplikasi Odin


- Tekan Start

- Tunggu sampai proses selesai , kira kira sampai ponsel rebooted dan hape menyala kembali..

- Cabut Usb dari komputer

- Selesai...

Jika Samsung Galaxy Alpha SM-G850F mengalami Bootloop , ikuti langkah selanjut nya

- Cabut Batre dan Pasang kembali

- Tekan tombol VOL UP + Home + Power Secara bersamaan Sampai Masuk Recovery Mod

- Jika sudah berada di Recovery Mod pilih  wipe data/factory reset

- Jika Selesai pilih Wipe Chace Partition

- Reboot


Terimakasih Sudah berkunjung :) Semoga tutorial nya dapat membantu 



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top